sejarah Yahudi pada masa nabi-nabi

Nabi Ibrahim As, seperti yang telah kita ketahui bersama mendapat julukan sebagai bapak para nabi. Bani Israil yang merupakan nenek moyang bangsa Yahudi juga memiliki garis keturunan dengan Nabi Ibrahim As. Anak Nabi Ibrahim dari istrinya yang bernama Siti hajar (ayahnya seorang arab) bernama Ismail As. Dari Nabi Ismail As, inilah keturunan bangsa arab berkembang dan salah satunya Nabi Muhammad SAW. Sementara Siti Hajar, istri nabi Ibrahim yang pertama memberikan keturunan yang bernama Ishak As. Anak Nabi Ishak As ini adalah Nabi Ya’qub As. Anak nabi Ya’qub ada 7 orang, salah satunya adalah Yusuf As, nantinya anak-anak nabi Ya’qub inilah yang menurunkan keturunan Bani Israil atau Yahudi.Nabi Yusuf As ketika kecil dibuang saudara-saudaranya karena kedengkian mereka. atas kuasa Allah Yusuf akhirnya terbawa ke Mesir dan dimasa dewasanya menjadi bendahara kerajaan mesir. Pada masa paceklik, dengan bantuan Yusuf Nabi Ya’qub beserta sudara-saudara Yusuf lainnya pindah ke Mesir. Dan akhirnya populasi anak keturunannya. (bani israil) berkembang di Mesir.

Kemudian dalam perkembangannya bani Israil diturunkan statusnya menjadi budak oleh Firaun Mesir. Nabi Musa As, kemudian membawa bani Israil menyebrang ke tanah arab, gurun Sinai menuju tanah yang dijanjikan, asalkan mereka taat kepada allah. Namun stelah sampai di tanah yang dijanjikan (palestina), bani Israil tidak mau memasukinya karena telah ada bangsa lain yang menempati tanah itu (QS : 5 :24). Allahpun Murka dan mengutuk mereka sehingga tidak dapat memasuki tanah palestina. Pada masa ini sudah muncul agama Yahudi dan Bani Israil disebut sebagai bangsa Yahudi.

Baru pada zaman nabi Daud As, Bani Israil dapat membuat kerajaan di palestina (peristiwa Daud Vs Jalut atau “David Vs Goliath”). Setelah jaman Nabi Daud, kemudian bani Israil di pimpin oleh Nabi Sulaiman As. Sepeninggal Nabi sulaiman As, bani Israil mengalami perang saudara dan akhirnya kerajaan bani israil terpecah menjadi dua. Kerajaan Israel dan kerajaan Yehuda. Pada masa dua kerajaan ini, bangsa Yahudi semakin durhaka kepada Allah, bahkan nabi-nabi yang Allah utus mereka ingkari. (Q.S 5 :70)

Ahirnya kedua kerajaan ini takluk oleh kerajaan Asyiria(raja Sargon II) dan babilonia (raja Nebukadnezzar). Serangan dari kerajaan babilonia ini juga menghancurkan Haykal Sulaiman yang didirikan pada masa. Kemudian terjadi pergantian kekuasan dan penaklukan oleh bangsa-bangsa lain terhadap tanah palestina, oleh Persia, Macedonia, hingga akhirnya oleh romawi. Pada masa romawi inilah Nabi Isa As. diuuts untuk menuntun kembali bani Israil, menentang kerajaan romawi, dan mengajarkan ajaran injil. Namun ajaran Isa As itu sendiri ditolak oleh para rahib Yahudi, dan hanya sedikit yang mengikutinya. Kemudian setelah Isa As tiada, bangsa Yahudi memberontak terhadap kerajaan romawi. Pemberontakan yang berulang-ulang menyebabkan bangsa Yahudi di usir dari wilayah kerajaan Romawi. Saat itulah bangsa Yahudi mulai tersebar diseluruh dunia dan berdiaspora. kemudian kerajaan romawi sendiri memindahkan kekuasannya ke konstantinopel dan menjadi Kristen (nasrani menjadi agama kerajaan).

jika melihat sejarah Yahudi masa lampau maka bisa kita ambil kesimpulan apa yang menjadi penyebab saat ini mereka merasa sebagai bangsa pilihan tuhan. sangat wajar ketika banyaknya nabi yang diturunkan kepada mereka, membuat mereka merasa menjadi ras unggulan.

namun perlu disadari semua itu terjadi di masa lalu… apalagi kemudian Allah telah melaknat mereka. maka umat pewaris bumi ini yang sah adalah umat muslim yang mendapat rahmat dari Allah. umat muslim yang berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah dan menjadi generasi robbani di bumi ini.

About these ads

5 pemikiran pada “sejarah Yahudi pada masa nabi-nabi

  1. ‘saya cukup suka dengan rangkuman yg anda buat,dan secara garis besar disitu tercantum rangkaian yg cukup singkat namun jelas…

    saya ingin bertanya tentang negara israel yg kita tahu saat ini sudah menjadi satu negara kesatuan yg dibelakangnya terdapat sekutu-sekutu mereka..

    namun pertanyaannya bukanya bangsa itu sudah mendapat laknat dari alllah s.w.t
    dan akankah sejarah akan terulang kembali dengan definisi kehancurannya…

  2. @hermansyah : saya pernah dengar bahwa memang di daerah palestina sana, akan ada perang terus. israel vs palestina. sampai nanti kalau sudah berakhir itu tandanya akan kiamat.
    tapi cuma kabar angin aja lo

  3. Saya ingin menambahkan bahwasannya “Nabi Isa As. Diutus untuk mencari domba-domba yg hilang” dan sktr 100 SM sblm N.isa As. Lahir, orang2 yahudi2 telah tersebar kmana2 hingga k afghanistan, kashmir dll. Karena ditindas oleh Kerajaan Romawi. Oleh krna itulah Nabi Isa as diperintahkan oleh Allah Swt untk mengumpulkan dan mengayomi orang2 yahudi tadi, sehingga stlah peristiwa penyaliban, beliau as dan ibundanya beserta pengikutnya mengembara k daerah2 yg ada orang2 yahudi yg telah trpencar2. Dan pada akhirnya BELIAU AS MENINGGAL DI KASHMIR

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s